Custom Search

Tip Mencari Pembantu Infal

Tip Mencari Pembantu Infal
 
 
TEMPO Interaktif, Jakarta:
Beragam kisah pembantu rumah tangga yang merepotkan pemilik rumah kerap muncul di sekitar kita. Dari yang tak betah bekerja hingga yang melakukan tindak kriminal.
Bu Gito, penyalur pembantu di bilangan Cipete, Jakarta Selatan, punya tip agar peristiwa seperti itu tak terjadi. Berikut beberapa sarannya:
 
1. Penanggung Jawab
Ketahuilah penanggung jawab pembantu itu, baik yang didapat dari penyalur atau dari teman. "Kalau ada apa-apa, Anda tahu ke mana harus bertanya soal dia, " kata Bu Gito. Usahakan si penanggung jawab adalah keluarga atau teman sekampung pembantu itu.
 
2. Wawancara
Wawancarailah calon pembantu Anda, terutama soal identitasnya. Ini penting agar Anda tahu rekam jejaknya. Juga, apakah dia pernah punya pengalaman kerja. "Kalau baru pertama kali, biasanya gak betahan," kata dia.
 
3. Perhatikan Beban Kerja
Pembantu juga manusia. Beban kerja yang besar akan membuatnya tak betah atau kerjanya tak maksimal. Menurut Bu Gito, satu pembantu maksimal untuk empat anggota keluarga dan rumah sederhana. Selain itu, tak bisa diterapkan jam kerja 24 jam. Perlu diberi waktu tertentu tiap harinya untuk bebas dari kerja.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Custom Search