Custom Search

Beres-Beres Setelah Arisan

Beres-Beres Setelah Arisan
Acara kumpul-kumpul tak hanya memberikan kerepotan ketika mempersiapkannya, tapi juga ketika acara sudah selesai.
 
 
Bulan ini Ratna kebagian acara arisan keluarga yang sudah setahun ini berjalan. Bermacam persiapan pun dilakukan oleh Ratna untuk menjamu para tamu. Ia ingin memberikan jamuan terbaik kepada para tamu yang tak lain adalah saudaranya sendiri. Ia membuat bermacam masakan sebagai sajian. Apa yang diinginkan pun sukses. Para tamu memuji masakannya. Ia pun merasa senang dan bangga dengan apa yang telah dilakukannya.

Tapi rasa senangnya tersebut hanya berlangsung beberapa jam. Setelah para tamu pulang satu persatu, mood-nya pun langsung berubah. Melihat tumpukan piring dan gelas di dapur membuatnya bingung. Mana ia tak punya pembantu lagi. Ia benar-benar kerepotan dan kalang kabut menghadapi masalah tersebut.

Memutuskan tak memiliki pembantu memang kadang merepotkan, apalagi bila ada acara besar seperti yang dilakukan Ratna. Terbayang bukan bila biasanya hanya mencuci tiga atau empat piring dan gelas lalu tiba-tiba harus membersihkan puluhan perabot yang berserak di dapur? Menghadapi hal tersebut bisa jadi mood Anda langsung turun seperti yang terjadi pada Ratna.
 
Tapi sebenarnya ada cara yang mudah untuk menghadapi masalah tersebut yaitu dengan persiapan alias antisipasi. Orang ketika mempersiapkan acara seperti ini biasanya hanya memikirkan apa saja yang harus dipersiapkan dan dihidangkan. Sementara apa yang harus dilakukan setelah acara tersebut selesai tak terlintas dalam pikirannya. Hal inilah yang sering membuat suasana jadi kacau balau.

Nah, bila suatu saat Anda kebagian jatah menggelar acara kumpul-kumpul seperti arisan atau hajatan lainnya, jangan hanya pikirkan hidangannya apa, tapi juga pikirkan bagaimana cara beres-beresnya. Bila Anda sudah memikirkan cara beres-beres setelah acara selesai, maka Anda akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan tersebut dan tidak bete, karena Anda sudah tahu apa saja yang harus dilakukan terhadap tumpukan piring dan gelas tersebut.

Seandainya tak memiliki pembantu, salah satu cara terbaik adalah menggunakan jasa pembantu harian. Saat ini sudah banyak tersedia jasa pembantu yang siap membantu Anda dalam sehari saja. Jadi Anda tak perlu repot-repot untuk bekerja yang berat-berat. Meskipun pembantu harian bayarnya lebih mahal, tapi Anda bisa terlepas dari kerepotan beres-beres dan berbenah. Anda tinggal menjelaskan pekerjaan apa saja yang harus dilakukannnya.
 
Tapi Anda bisa juga mengerahkan anggota keluarga untuk beres-beres dan berbenah. Lewat pembagian tugas, maka pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Meskipun yang bisa bekerja hanya Anda dan suami, tapi bila dibagi dan direncanakan dengan baik, pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan baik juga. Pertama selesaikan pekerjaan yang ringan dulu, baru kemudian yang berat. Anda juga tak harus menyelesaikan dalam sekali kerja. Anda bisa menunda beberapa pekerjaan dan beristirahat dulu. Setelah beristirahat Anda bisa melanjutkan pekerjaan rumah tersebut. Dengan cara ini pekerjaan beres-beres pun tak lagi membuat Anda bete.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Custom Search