Custom Search

Jangan Bergantung Pada Pembantu...

Jangan Bergantung Pada Pembantu...
Meski memiliki pembantu, tetap ajarkan kemandirian kepada si kecil.
 
 
"Bi, ambilkan sepedaku di garasi!" teriak Romi dari teras kepada pembantunya. Anak semata wayang Robi dan Mia ini memang manja. Banyak sekali pekerjaan ringan seperti mengambil sepeda atau bahkan mengambil makan yang harus disiapkan oleh pembantunya. Tak sekedar terlalu sering meminta bantuan dan memerintah, Robi juga sering ngambek bila permintaannya tidak segera dituruti.

Si kecil meminta pertolongan kepada pembantu memang wajar dan sah-sah saja. Tapi bila hal itu dilakukan terlalu sering dan diikuti dengan ngambek seperti Romi jadi tidak bagus juga. Pertama, hal tersebut membuat si kecil tidak bisa mandiri. Kedua, dia jadi kurang bisa menghargai pembantu. Padahal pembantu hanya bertugas membantu saja, tidak mengerjakan segala hal.

Sejak kehadiran pertama pembantu, atau kalau bisa sebelumnya, orangtua harus menjelaskan kepada si kecil akan kehadiran dan status pembantu di rumah mereka. Sejak awal jelaskan kepada si kecil bahwa pembantu hanya bertugas membantu pekerjaan-pekerjaan tertentu di rumah. Jadi tidak bisa si kecil meminta semua bantuan kepadanya. Jadi si kecil harus bisa memosisikan pembantu benar-benar sebagai pembantu, bukan sebagai pelayan.
 
Pembatasan wewenang si kecil untuk meminta bantuan kepada pembantu ini tak hanya bertujuan untuk menghargai pembantu. Hal tersebut juga bertujuan untuk menghindari ketergantungan si kecil kepada pembantu. Banyak anak-anak yang tergantung kepada pembantu di rumahnya dan apa-apa minta bantuan kepada pembantunya. Tak jarang si anak tidak mau disuapi bahkan dibuatkan susu oleh ibunya karena sudah terbiasa dengan pembantunya.

Jangan sampai ketergantungan anak kepada pembantu ini terjadi kepada si kecil. Bukannya menguntungkan karena tugas Anda jadi enteng, hal ini justru merugikan Anda sebagai orangtua. Kedekatan dan ikatan emosi Anda dengan anak jadi berkurang dan bisa-bisa si kecil lama-kelamaan akan jadi "anak" pembantu, karena apa-apa harus dengan pembantu dan tidak mau dengan orangtuanya.

Selain itu, tergantung kepada pembantu juga bisa membuat anak jadi manja dan tidak bisa mandiri. Bila keterusan, si kecil akan meminta segala pertolongan kepada pembantu dan tidak mau melakukan pekerjaan sendiri. Bahkan untuk mengambil sepatu saja bisa jadi harus meminta bantuan pembantu. Repot kan kalau sudah begini. Jangan biarkan si kecil menjadi raja kecil di rumah.
 
Si kecil tetap harus dididik untuk bisa mandiri dan melakukan beberapa kegiatannya sendiri, tanpa bantuan orang lain. Untuk pekerjaan-pekerjaan ringan seperti mengambil sepatu, menyiapkan dan memakai baju, anak usia lima tahun sudah bisa melakukannya sendiri. Jadi jangan biarkan bila si kecil meminta bantuan untuk hal-hal kecil seperti itu.

Bila si kecil tidak tergantung pada pembantu dan hanya meminta bantuan bila perlu saja, berarti dia sudah belajar menjadi sosok yang mandiri. Selain itu pembantu pun merasa dihargai, karena dia bekerja sesuai dengan tugas-tugas yang memang menjadi tanggung jawabnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Custom Search