Custom Search

Jelang Lebaran, Pembantu Inval Langka di Jakarta

Jelang Lebaran, Pembantu Inval Langka di Jakarta
 
 
JAKARTA--MIOL: Kebutuhan pembantu pengganti sementara (inval) menjelang hari Lebaran di Jakarta meningkat, tetapi sangat langka.
 
"Sejak awal bulan Ramadan permintaan pembantu inval di yayasan kami sudah meningkat," kata pemilik Yayasan Wijaya Bhakti Penyalur Pembantu Rumah Tangga dan Babysitter, Ida, di Jakarta, Rabu.
 
Namun, dia mengatakan, keberadaan pembantu rumah tangga (PRT) inval sangat langka. Bahkan dia berani mengatakan hampir di semua yayasan di Jabodetabek kesulitan mendapatkan PRT inval.
 
"Kalau babysitter inval kami masih berani menjanjikan," ujarnya.
 
Menurut dia, banyak PRT inval tahun ini yang memilih berkumpul dengan keluarganya untuk merayakan Lebaran di kampung.
 
Padahal, pendapatan mereka bisa mencapai Rp60.000 hingga Rp80.000 per hari di masa Lebaran seperti sekarang, dan minimal kontrak selama 10 hari, ujar dia.
 
Hal senada dikatakan oleh pengurus Yayasan Bakti Indonesia, Yuyun. Ketersediaan PRT inval tahun ini sangat langka.
 
"Tahun kemarin masih ada pembantu inval walaupun jumlahnya juga tidak banyak," katanya.
 
Dia mengatakan babysitter inval masih ada dan pendapatan mereka per hari lebih mahal dibandingkan dengan PRT inval. Satu hari mereka menerima Rp60.000 hingga Rp100.000.
"Kebanyakan mereka berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada juga yang dari Lampung dan Jawa Barat, tetapi sangat jarang," katanya.
Sementara itu, Ami, pengurus Yayasan Raden Saleh di Bekasi mengatakan tidak memiliki persediaan PRT inval dan baru pada H-5 nanti yayasannya dapat menyediakan babysitter inval.
"Kami benar-benar tidak berani menjanjikan kapan pembantu inval ada, karena hingga kini belum ada satu pun dari mereka yang menghubungi kami," katanya.
Dia mengatakan tarif untuk mereka mendekati Lebaran seperti saat ini cukup mahal. Itu pun tergantung pada pengalaman mereka masing-masing.
Menurut dia, untuk babysitter bayi pelanggan lebih memilih yang berpengalaman walaupun tarifnya lebih mahal mencapai Rp100.000 per hari.
 

1 komentar:

  1. www.tiarakasihbunda.biz menyediakan inval lebaran PRT dan Baby Sitter. Tlp 021-93726750, 99976474. Trims

    BalasHapus

Custom Search